Tips merawat gamis atau hijab bahan Katun Japan

Bagaimanakah cara merawat gamis kamu agar tetap kece?

Tips merawat katun jepang

Sudah tidak asing lagi bagi hijabers sekarang ini Gamis muslimah merupakan gamis berbahan dasar katun jepang dan masih hits hingga saat ini. Karena memang bahannya yang adem, nyerap keringan dan tersedia dalam berbagai variant model/desain gambar yang cantik. Yang berbentuk glossy(mengkilap) juga tahan lama tidak gampang pudar. Agar tetap cantik ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari cara mencuci, menyetrika, menjemur sampai penyimpanannya.



Sebelumnya ada yang sudah tau apa itu katun jepang dan bagaimanakah karakteristiknya? kalo belum bisa cek disini.


Cara dalam mencuci

Jika ada kotoran yang membandel untuk katun berwarna gambar terang gunakanlah air hangat agar noda mudah hilang. Sedangkan untuk katun berwarna gelap seperti hitam jangan menggunakan air hangat.

Ingat jangan merendamnya terlalu lama, pisahkan gamis dengan pakaian yang kotoor terkena noda lumpur, saus, tinta agar kotoran tersebut tidak terserap oleh kain.

Pisahkan kain warna terang dan warna gelap (untuk mencegah warna tua luntur ke warna muda). Gunakan mesin cuci dengan putaran sedang, agar serat kain tidak cepat rusak.

Untuk katun jepang warna putih, bisa menggunakan pemutih. Ingat hati-hati dalam menggunakan pemutih, karena ada yang dapat melunturkan corak (gambar)kain jepang.

Cara penjemuran

Pada saat menjemur jangan dilipat, gunakanlah gantungan agar tidak terlipat dan jemurlah pada bagian dalam gamis agar tidak warna luar tidak terpapar langsung terhadap cahaya matahari.

Saat menyetrika

Kalo gamis kusut gunakan alat penyemprot air sebelum menyetrikanya. Perlu diperhatikan suhu setrikaannya yaa, jangan terlalu panas. Agar lebih bagus lagi sih menggunakan setrika uap.

Cara menyimpan

Selain menjemur tadi dalam menyimpannyapun jangan sampai dilipat yaa, apa lagi ditumpuk-tumpuk. Gunakan gantungan baju lalu simpan didalam lemari gantung. Oyaa bagi kamu yang memiliki gamis berwarna putih usahakan bungkus gamis dengan pelastik, itu agar warna putih tidak mudah kotor terkena debu atau menguning karena terlalu lama disimpan.

Jika gamis tidak pernah dipakai, usahakan jemur dibawah terik matahari beberapa jam saja, agar tidak bau juga dapat mematikan bakteri-bakteri yang bisa bikin gamis jadi berubah.

Tadi sedikit tips bagaimana cara merawatn kain katun japan, namun alangkah baiknya kamu terapkan tidak hanya di kain ini, tapi disemua kain kesayangan kamu. Terimakasih

Popular posts from this blog

Cara Menggunakan Mesin Obras Pemula

Cara membuat pola baju

Bahan dasar jaket pemadam kebakaran