Cara dan tahap memulai usaha konveksi jahit dirumah

Tips bagaimana cara memulai usaha konveksi kaos, jaket, sweater, gamis, model lainnya (pakaian wanita dan pria)

Memulai usaha konveksi(Mesin jahit singer)

Sebelumnya apa sih arti dari Konveksi itu, konveksi adalah sebuah usaha kecil(jahit sendiri biasa satuan) dan menengah(membutuhkan beberapa karyawan) bahkan pabrik(memproduksi dalam
jumlah banyak/massal) yang memproduksi berbagai jenis pakaian, bahkan tidak hanya pakaian, karena hampir disemua jenis produk menggunakan jasa ini.


Dilihat dari peluang, bidang ini relatif stabil bahkan terus meningkat menyesuaikan kebutuhan customer sehari-hari dan tentunya masih banyak pebisnis yang melirik usaha ini untuk bekerja sama.

Memulai usaha ini, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, yaitu jenis bahan, biaya produksi(sdm) dan marketingnya, agar terlihat rugi dan untungnya. Namanya saja usaha pasti kita tidak ingin sampai merugi.

Namun jangan takut untuk memulai karena rugi sudah pasti akan muncul. Untuk meminimalisir hal itu disini kita akan membahas beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Yaitu,

1. Mengoptimalkan lahan

Usaha konveksi memang tidak selalu membutuhkan lahan yang luas. Cobalah untuk memanfaatkan lahan ditempat tinggal anda sendiri, paling untuk perdana membutuhkan hanya beberapa mesin jahit saja.

2. Bekerja sama

Cobalah menawarkan kerjasama ke konveksi lain, jalin silaturahmi dan berbagi cerita pengalaman. Atau menawarkan ke pabrik atau membuat surat tender ke institusi(organisasi/perusahaan), untuk membantu mengerjakan proyek yang mereka miliki. Karena usaha tidak akan selalu berjalan dengan mulus maka kita membutuhkan orang lain. Biasanya jenis usaha konveksi yang lebih besar akan membutuhkan konveksi lain untuk mengerjakan ordernya. Ingat disini anda harus bisa mengkalkulasi biaya produksi.

3. Kalkulasi harga

Untuk harga hampir semua pengusaha konveksi terkendala dari sisi harga, apa lagi bagi kita yang pemula. Terkadang kita sebagai pengusaha lemah dalam hal ini, melihat kata-kata "harga teman" itu yang membuat kita harus lebih mempertimbangkannya lagi. Tidak masalah untuk menerima harga murah, namun harus tetap menyesuaikan dengan harga real pasaran dan kualitasnya.

4. Modal

Hal inilah yang paling pokok dalam menjalankan sebuah usaha/bisnis konveksi. Persiapkanlah modal dengan matang, ingat "lebih baik lebih dari pada kurang", karena nantinya akan ada alat yang harus dibutuhkan dengan harga yang bervariatif. Biasanya untuk awal kita membutuhkan mesin jahit(obras,rantai,overdeck,1 jarum), mesin potong bahan, meja, dan embel-embel lainnya yang tidak terduga.

5. Selektif

Saat ini para konsumenpun lebih selektif dalam memilih produk yang mereka inginkan. Disini kita diwajibkan untuk menawarkan produk-produk andalan untuk meraih minat mereka. Karena bila kita menawarkan barang jadi, konsumen dapat menilai langsung hasil dari konveksi yang dijalankan.

6. Menambahkan ciri produk

Menambahkan beberapa fitur seperti label/bordir/sablon yang dapat menarik konsumen. Jika kita menambahkannya akan memiliki nilai lebih, karena tingkat kesulitan dari membordir/sablon itu sendiri. Jika ketiga itu dipelajari dengan kualitas yang baik, maka anda dikatakan sudah siap untuk bersaing.

6. Strategi marketing

Agar usaha konveksi dapat dikenal banyak orang, coba untuk memanfaatkan sarana prosmosi untuk mengoptimalkan pemasaran, seperti situs/media sosial/spanduk(banner)/brosur dll. Dan yang paling jitu adalah mulut ke mulut, walaupun agak aneh namun efek yang diberikan langsung dengan lisan ini liar biasa.

7. Diskon

Mungkin diskon sudah tidak asing lagi, tidak ada salahnya bila diterapkan walau kita adalah usaha konveksi, karena banyak pengusaha yang berhasil memikat para calon pembeli.

Itulah beberapa tips bagi kamu yang ingin memulai sebuah usaha konveksi sendiri, tidak usah takut dan ragu, sekarang bahkan banyak alaat jahit prtable yang murmer, bahkan 1 mesin bisa dirubah-rubah jenis jahitannya. Disarakan bila untuk produksi massal(banyak), menggunakan mesin-mesin jahit satu meja (singer) seperti gambar diatas.


Popular posts from this blog

Cara Menggunakan Mesin Obras Pemula

Cara membuat pola baju

Bahan dasar jaket pemadam kebakaran