Tutorial rajutan bordir sendiri dirumah

Mengenal jenis benang untuk Menjahit kain/Bordir, Sweater, Syal, Topi, Sepatu dll.

Handi Quilter yarn


Benang adalah serat semi-sintetik tertua yang pernah dikembangkan. Serat yang terbuat dari bahan selulosa, yang dulu dibuat untuk menyerupai sutra. Bahkan, dulu rayon dikenal sebagai sutra buatan sebelum istilah itu diganti pada awal tahun 1920an. Proses untuk memproduksi rayon dimulai dengan tanaman, seperti kayu.

Hal yang melatarbelakangi pembuatan jenis benang dan kain ini adalah untuk memenuhi kebutuhan serat kapas yang diproduksi secara terbatas. Sayangnya kain ini memiliki daya serap terhadap air yang cukup besar sehingga mengakibatkan dimensi seratnya tidak stabil dan kekuatannya lebih rendah jika dibandingkan serat kapas. Kain ini termasuk kedalam golongan  serat tekstil buatan yang diproduksi dengan cara dipintal (pemintalan basah).

Ada beberapa jenis dan ukuran untuk benang ini. Dalam prosesnya biasa digunakan membuat jenis rajutan timbul (bordir). Teknik ini lebih mirip PNP(plug n play) menempelkan dengan feet handi quilter (alat sambung potongan) secara manual.
Kaki untuk menyambung benang


Sebelum memulai menjahit ada baiknya ketahui jenis benang dan fungsinya pada bahan yang akan dijahit nanti.

Benang Bulky
Benang ini memiliki tekstur yang lembut. Selain itu juga teksturnya agak berbulu. Benang ini sangat pas dan cocok untuk dibuat topi, syal, scraf ataupun tas.

Benang Athena
Benang ini terdiri dari komposisi material wool dan acrylic. Benang ini juga bertekstur lembut. Pas sekali jika ingin kita gunakan untuk membuat syal dan topi.

Benang Katun
Benang jenis ini bertekstur padat. Sehingga cocok kita gunakan untuk membuat jenis rajutan apa saja.

Benang Katun Big Ply
Benang ini memiliki diameter lebih besar dibandingkan benang katun biasa yaitu 2 kali diameter benang katun pada umumnya.

Benang Soft Katun
Benang jenis ini pas untuk dibuat rajutan apa saja karena lebih halus dan memiliki warna yang lebih mengkilap daripada benang katun biasanya.

Benang Rayon
Benang ini memiliki kesan jatuh dan adem saat dipakai. Bertekstur halus dan lembut. Sehingga pas sekali digunakan membuat jenis rajutan tangan / quilter sew yang wearable(tebal), seperti rompi, baju, cardigan, syal, scraf, pashmina dan perlengkapan bayi.


Comments

Popular posts from this blog

Cara Menggunakan Mesin Obras Pemula

Cara membuat pola baju

Bahan dasar jaket pemadam kebakaran